Senin, 12 Oktober 2009

TUGAS KOMPUTER,,BIKIN MAJALAH


BAB 1

BACKGROUND

Dari zaman dulu sampai zaman sekarang semua orang tentu memerlukan olahraga. Ada banyak jenis olahraga, namun yang paling dicintai dan digemari adalah SepakBola. Sepak Bola dicintai mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Sepakbola merupakan olahraga yang tidak pernah akan berakhir, karena selalu terjadi regenarasi dengan pemain-pemain yang bertalenta, sehingga sepakbola tetap akan selalu merupakan olahraga yang paling digemari sepanjang masa.

Olahraga yang paling murah adalah jalan kaki. Tapi kalau olahraga bola paling murah, tak lain adalah sepakbola! Berbicara tentang sepakbola tentu akan mengingat nama besar seperti Pele, Maradona, Eusebio, Paolo Rossi, dan nama beken lainnya.

Kompetisi terbesar didunia merupakan Eropa, dimana para bintang berlaga. Dimana uang, loyalitas, fashion, gaya hidup, dan wanita mempengaruhinya. Dimana para fans penggila bola berlomba-lomba untuk lebih dulu tahu tentang apa yang sedang terjadi. Oleh karena itulah, FM (Football Magazine) hadir untuk memberikan berita-berita paling fresh dan terkini dalam sepak bola luar negeri.

FM adalah majalah khusus sepak bola mancanegara, terutama Eropa. FM memberikan berita-berita terhangat mulai dari Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman, dan Liga di Eropa lainnya. FM juga memberikan berita tentang kehidupan gemerlap para artis sepak bola. Dan gosip-gosip para pebola.

FM berharap bahwa majalah ini mampu memberikan kepuasan kepada para pembaca dan penggila Sepakbola. FM akan terus mengoreksi dan mengembangkan kualitasnya untuk memuaskan keinginan para pembaca!

BAB 2

CONCEPT ANALYSIS

5W+1H

WHAT

FM adalah majalah olahraga khusus Sepakbola terutama adalah Sepakbola Eropa. FM memberikan berita-berita terhangat mulai dari Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman, dan Liga di Eropa lainnya. FM juga memberikan berita tentang kehidupan gemerlap para artis sepak bola. Dan gosip-gosip para pebola.

WHEN

FM terbit setiap 1 minggu sekali. FM selalu melakukan update per minggunya untuk terus memberikan analisa dan laporan apa saja yang terjadi dalam 1 minggu Sepakbola Eropa bergulir.

WHY

FM ada karena ingin memuaskan hati dan gairah para penggila sepakbola. FM hadir untuk memberikan kepada para pembaca kenyataan yang terjadi dalam dunia sepakbola dan para pemainnya, sehingga terjadi kedekatan hubungan antara klub, pemain, dan para fans.

WHERE

Para pembaca dapat menemui majalah FM di Gramedia, Toko Gunung Agung, Karisma, bahkan FM juga ada di Kinokuniya.

HOW

FM memperkenalkan majalahnya dengan mensponsori cafe-cafe dimana ada live pertandingan berlangsung, contohnya seperti MU Cafe. FM juga mensponsori siaran liga eropa.

TARGET MARKET

Gender : Male

Age : 15 – 35 tahun

Income : Rp 1.000.000 s/d Rp 10.000.000

Place : City

Occupation : Semua jenis bidang pekerjaan

Education : Semua tingkatan pendidikan

Social Grades : C+ - B

Lifestyle : Orang yang menyukai olahraga sepakbola

Suka membaca majalah dan hang out

PRICE

Harga majalah FM ( Football Magazine) adalah Rp 33.000 untuk Pulau Jawa dan Rp 35.000 untuk di luar Jawa dan sekitarnya. Penentuan harga FM didasarkan pada, yaitu: biaya penelitian kami dan research keinginan masyarakat dan biaya tak terduga lainnya, biaya produksi yang terdiri dari biaya mesin dan bahan baku dan biaya promosi yang terdiri dari biaya iklan dan sponsorship.

PLACE

Pendistribusian majalah Football Magazine dilakukan secata menyeluruh. Pihak Football Magazine bekerja sama dengan beberapa toko buku terkemuka di Indonesia, contohnya: Gramedia Bookstore, Toko Gunung Agung, Karisma, dan juga Kinokuniya dan juga pihak agen. Football Magazine juga dapat ditemui di Carrefour, Giant, HyperMart, Alfa Mart, dan IndoMart.

BAB 3

STRATEGY AND SOLUTIONS

SWOT

STRENGTH

  1. FM memiliki tingkat kesegaran berita sangat tinggi
  2. Harga yang diberikan juga masuk dalam target marketnya
  3. Mempunyai promotion dan advertising yang bagus
  4. Dijual pada tempat yang ramai dan bersaing
  5. Dibungkus secara menarik, sehingga menarik perhatian

WEAKNESS

  1. Kurangnya gosip dalam majalah ini
  2. Harga akan relatif mahal pada anak sekolah rata-rata
  3. Kurangnya orang dalam mempublikasikan majalah FM
  4. Distribusi FM belum mencapai pedesaan dan kota kecil
  5. Terlalu banyak berita serius, sehingga menyebabkan jenuh

OPPORTUNITY

  1. Belum ada majalah yang menawarkan berita dengan sangat elegant
  2. Masih ada pasar dan target market yang besar di kota lain
  3. Kerjasama dengan para club-club olahraga

THREAT

  1. Kurangnya para pekerja dalam bagian produksi
  2. Aura majalah BOLA yang belum mampu digeser
  3. Banyaknya saingan besar seperti Soccer dan TopSkor
  4. Kurangnya disiplin para karyawan dalam headline

STRATEGY AND SOLUTIONS

Dari SWOT Analysis yang bisa kita lihat, FM dapat melakukan beberapa strategi pemasaran yang diharapkan dapat menaikkan tingkat penjualan dan tingkat popularitas serta dapat meredam keunggulan nama dan prestasi yang dimiliki oleh majalah yang sudah tak asing lagi, yaitu majalah koran BOLA. Namun majalah magazine BOLA,yaitu BOLA Vaganza tidaklah setenar majalah korannya. SOCCER pun masih kecil peminatnya.

Satu-satunya magazine sepakbola yang paling terkenal adalah Four-Four-Two, tapi magazine tersebut masih dalam terjemahan bahasa inggris dan harganya pun relatif mahal, serta mempunyai target market yang berbeda. Ini merupakan peluang besar bagi Football Magazine untuk masuk ke dalam persaingan majalah Sepakbola yang masih belum terlalu sengit. Tentunya Football Magazine telah mempersiapkan Strategi yang merupakan solusi dari Weakness dan Threat yang harus dihindari.

Dari segi kurangnya gosip yang FM miliki masih dapat kita samarkan karena FM merupakan majalah berita Sepakbola, bukan merupakan majalah gosip seputar sepakbola. Mengenai harga FM yang relatif mahal dibandingkan majalah lainnya, FM menanggulinya dengan :

☼ FM memberikan bonus yang diberikan secara gratis, seperti banner Klub Bola, Poster pemain dengan kertas yang bagus, sehingga membuat para pembaca merasa tidak rugi.

☼ FM juga kita kemas serasa majalah koleksi, sehingga orang akan merasa memiliki sensasi tersendiri dalam mengoleksi majalah sepakbola ini.

Bacaan pada artikel Football Magazine memang tidak banyak menggunakan bahasa gaul, namun tetap asik dibaca oleh siapa saja. Untuk mensamarkannya :

☼ FM menggunakan gambar-gambar yang enak dipandang dan juga memikat, sehingga orang ingin menggunting gambarnya untuk disimpan atau sebagai bahan koleksi.

Football Magazine termasuk salah satu majalah olahraga baru sehingga masih belum banyak para bola mania yang mengenalnya. Sehingga FM memerlukan ekstra people dalam melakukan promosi. Strategi FM adalah :

☼ FM membuka pendaftaran bagi para wanita pecinta bola yang akan bekerja sebagai Sales Promotion Girl. Kriteria dari SPG FM adalah wanita yang berumur 18-23 tahun, berpenampilan menarik, dan mempunyai pengetahuan tentang berita sepakbola.

☼Tempat yang merupakan sasaran dari FM tentu adalah daerah perkantoran yang padat karyawannya, mall-mall di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Strategi dalam menangani masalah persaingan dengan majalah BolaVaganza dan Soccer adalah :

☼ FM bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan universitas dalam sponsorship dalam acara olahraga, sepert Cup sekolah dan universitas.

☼ Place yang FM tuju adalah sekolah dan universitas. Mengapa? Karena rata-rata orang atau penggila bola merupakan anak-anak remaja yang masih belum bekerja. FM memberikan service yang menarik seperti sponsorship kepada sekolah-sekolah akan memberikan dampak yang baik setelahnya. Ketika mereka kuliah nanti, mereka pasti akan mereferensikan bahwa ”belilah majalah FM.. tahu tidak? Dahulu pada zaman sekolah, FM merupaka salah satu dari sponsor kami!”.


BAB 4

TECHNICAL CONCEPT

BAB 5

BUDGETTING

Pendapatan

Berikut ini adalah penjelasan dari penerimaan yang didapat FM.

Pemasangan iklan

Jumlah

Sony Ericsson

Rp 25.000.000

Gatortade

Rp 25.000.000

Compact

Rp 30.000.000

Nike

Rp 30.000.000

Rp 110.000.000

Penjualan

12000 x Rp 33000

Rp 396.000.000

8000 x Rp 35000

Rp 280.000.000

Sponsor

Rp 500.000.000

TOTAL

Rp 1.286.000.000

Biaya

Pada bagan ini akan ditampilkan pengeluaran FM dalam biaya produksinya, biaya overhead, gaji karyawan, pendistribusian dan juga biaya promosi.

Biaya Produksi

Harga

Jumlah

Bahan Baku

Rp 32.000.000

Biaya Cetak

Rp 108.000.000

Biaya Packaging

Rp 8.000.000

Biaya Overhead

Telepon

Rp 12.000.000

Listrik dan air

Rp 5.000.000

Akomodasi

Rp 22.000.000

Gaji Karyawan

Rp 134.200.000

Biaya Promosi

Biaya Distribusi

Rp 289.500.000

Media

People

Rp 125.200.000

Advertising

Rp 200.000.000

Legal

Pajak

Rp 20.000.000

Total Biaya

Rp 768.700.000

Biaya Lain-lain

10% x Total Biaya

Rp 76.870.000

GRAND TOTAL

Rp 845.570.000

Keuntungan

Keuntungan yang diperoleh FM adalah

Rp1.286.000.000 – Rp 845.570.000 = Rp 440.430.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar