Senin, 12 Oktober 2009

RESEARCH BANANA REPUBLIC


Banana Republic, Inc., adalah sebuah perusahaan retail yang menawarkan pakaian casual,aksesoris dan produk perawatan diri. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam produk,termasuk denim,khakis,dan t-shirt,pakaian musim dingin,sepatu,tas,ikat pinggang,asesoris, perhiasan, dan produk perawatan untuk pria dewasa,wanita,remaja dan anak-anak. Banana Republic,Inc. beroperasi di berbagai negara,seperti U.S., Puerto Rico, Kanada, dan Jepang. Perusahaan ini juga menawarkan produknya melaluiweb site. Banana Republic berdiri sejak tahun 1978, tepatnya di Grove City, Ohio. Banana Republic, Inc merupakan anak perusahaan dari GAP, Inc

Banana Republic yang berawal dari hanya dari 2 cabang,menjadi perusahaan besar seperti sekarang,bahkan hampir di semua pusat perbelanjaan bergengsi,kita dapat menemukan si” pohon palem” ini.

Motivation and influence

Basic Component of Motivation:

Arousal

BR memiliki manager(PIC) di setiap outlet yang dapat memberikan motivasi dan peraturan-peraturan yang di terima dari pimpinan teratas (orang yang bekerja di kantor).

Sehingga apa bila ada yang tidak mengikuti peraturan maka akan diberi teguran berupa surat peringatan.

Direction

Pimpinan teratas memberi informasi dan training untuk para staff. Biasanya training di berikan 3 bulan 1 kali. misalnya apabila ada diskon atau sale baru akan di beri tahukan kepada manager(PIC) dari toko dan selanjutnya akan di teruskan kepada staff bagaimana caranya memberikan promosi tentang diskon ini kepada customer.

Maintenance

Kinerja para staff selalu dimaintenance setiap hari nya.Dengan dilaksanakan briefing sebelum mereka bekerja,dan evaluasi penjualan hari ini setelah outlet tutup.

Goals

BR mempunyai goals dalam bentuk pendapatan yang diperoleh setiap outletnya baik harian ataupun bulanan.Masing masing staff mempunyai goals penjualan untuk dicapai, jika staff bisa menembus goals yang telah ditetapkan maka para staff akan mendapatkan bonus dari perusahaan.

How Motivation works?

Expectancy

Dengan ditetapkan Goals pendapatan dari masing masing staff,tentunya hal ini bisa memotivasi mereka untuk melakukan sales sebaik dan sebanyak mungkin,agar mereka bisa mendapatkan bonus dari perusahaan.

Instrumentality

Para staf BR harus mempunyai strategi dalam melayani customer,agar para customer tidak hanya window shopping tapi juga tertarik untuk membeli.

Valence

Valence dilakukan untuk membahas kendala atau masalah apapun yang berkaitan dengan penjualan,misalnya apabila target dalam 1 bulan ini tidak tercapai tetapi dalam bulan sebelumnya tercapai bahkan lebih dari yang di targetkan akan di lakukan evaluasi untuk membahas masalahnya dan me regenerasi strategi agar tercapai goals yang diharapkan.

Banana Republic,Inc merupakan anak perusahaan dari GAP,inc. Untuk menjadi sebuah perusahaan yang besar tidak hanya dari struktur organisasi perusahaan yang baik tetapi mereka memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia nya.Awal dari bibit kualitas nya adalah motivasi bekerja para staff nya.

Dalam memotivasi para staff nya untuk bekerja dengan profesional ,Banana Republic menetapkan prosedur prosedur yang harus dipatuhi oleh para staffnya sesuai dengan bidangnya masing masing.Dengan itu,mereka akan focus terhadap pekerjaan mereka masing masing.Hal hal yang dilakukan dalam memotivasi dan meng-influence karyawan dengan cara melakukan briefing setiap pergantian shift,serta evaluasi akhir pada saat penutupan outlet,Pada briefing itu,akan dibahas masalah internal ataupun eksternal serta solusi yang akan digunakan.Selain itu dalam sesi briefing ini PIC harus memotivasi para staff untuk bekerja lebih semangat.

Selain memaintenance para kinerja staff nya,para manager/pimpinan juga harus saling berkomunikasi antara sesama staff, atasan ataupun bawahan. Saling menghargai antar sesama pekerja, karena dapat menunjang dalam menjalin hubungan kerjasama antar team work yang baik & yang paling penting kita harus saling memberikan support & motivasi.

Berikut kutipan dari supervisor Banana Republic,Rizal:

“Seorang manager harus bisa bahkan harus mampu menjadi seorang leadership, harus mempunyai jiwa kepemimpinan. Karena jika tidak mempunyai jiwa kepemimpinan maka tidak akan berjalan lancar. Harus bijaksana, tidak mementingkan pribadinya sendiri. Harus mengetahui keadaan/ situasi karyawan-karyawannya. Dan yang paling penting harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja. ”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar