Minggu, 11 Oktober 2009

KISI KISI SUPER

Question

1. Apa yang dimaksud dengan SBU (Strategic Business Unit)?

2. Sebutkan 4 langkah stage of corporate development!

3. Jelaskan apa yang dimaksud designing job to implement strategy!

4. Apa yang dimaksud dengan hiring and training requirement change!

Answer

1. SBU adalah sebuah SBU adalah strategi dalam bisnis dimana produk yang dijual memiliki banyak range (jenis) dan dibutuhkan kriteria dan strategi dalam penjualan, agar tercapainya ke efektifan dalam penjualan. SBU sendiri dapat dibagi menjadi 3 karakteristik yaitu:

· suatu usaha yang bisa berdiri sendiri dari usaha lainnya

· mempunyai kompetitornya sendiri

· memiliki satu orang manager yang memiliki tanggung jawab untuk memperoleh profit

Dalam SBU terdapat juga upaya untuk melakukan sebuah research dimana research yang digunakan adalah BCG matrix. Dimana BCG matrix itu sendiri adalah suatu matrix yang menunjukan growth dari sebuah produk.

2. 4 stages of corporate development

· Stage 1: Simple Structure

Ini adalah struktur yang mempunyai control tunggal dari kegiatan organisasi sampai kegiatan kewirausahaan, membuat semua pengambilan keputusan penting, dan memiliki keterkaitan pada setiap detail dan tahapan pelaksanaan dalam organisasi. Krisis kepemimpinan-seorang wirausaha akan mengalami kesulitan dalam menangani masalah di organisasi sendirian. Masalah yg seperti itu sering di dapat oleh para wirausaha dalam stage ini.

· Stage 2: Functional Structure

Suatu tahapan transisi dengan cara menggantikan si wirausahawan tersebut dengan individu-individu yang memiliki kemampuan functional untuk memimpin sebuah tim. Pada tahapan ini dibutuhkan pergantian gaya kepemimpinan untuk para chief officer dalam perusahaan. Sebuah crisis otonomi dapat mengembangkan orang yang mengelola produk dari berbagai lini dengan membiarkan mereka memiliki kebebasan untuk mengambil sebuah keputusan.

· Stage 3: Divisional Structure

Organisasi bertumbuh dengan cara mengembangkan produk2 mereka menjadi lebih beragam dan menambah jlmh divisi untuk mendapatkan area geografik yg lebih luas. Mereka merubah struktur mereka menjadi divisional struktur atau konglomerat struktur dengan sebuah markas pusat dan pengoperasian divisi yang tersebar.

· Stage 4: Beyond SBUs

3. job to implement strategy adalah pekerjaan untuk mengatur aktifitas didalam perusahaan dan karyawan didalam perusahaan, untuk menjalankan strategi strategy tersebut terkait dengan struktur perusahaan dan cara-cara menyelesaikan tugas.

Ada 3 teknik dalam menjalankan strategi tersebut, antara lain:

· job enlargement (menggabungkan dan menambahkan jenis tugas)

· job rotation (mengatur tugas2 karyawan dari satu ke departemen lain)

· job enrichment (menambahkan rencana dan mengevaluasi tanggung jawab dalam tugas)

4. HIRING AND REQUIREMNT CHANGE

Setelah kita membuah strategi. Yang harus dilakukan adalah mengimplementasikan strategi tersebut. dalam pengimplementasian strategi yang dibutuhkan adalah me'reorganising sumber daya manusia (staff) yang dapat disesuaikan dengan strategi baru yang kita buat. Dengan Strategi baru untuk diimplementasikan yang hrus dilakukan adalahh menghire karyawan baru atao meretain/retool karyawan yang sudah ada. Salah satu cara yang baik dalam mengimplementasikan strategi baru adalah melalui training dan development. Banyak perusahaan yang melakukan hal ini untuk menghasilkan output yang positif dalam produktifitas level. Training sangat penting dilakukan sebagai strategi untuk terlihat berbeda dalam kualitas pelayanan customer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar