Senin, 12 Oktober 2009

TUGAS ENTREPRENEURSHIP PROJECT : Profil FX.Widayanto

Profil FX Widayanto :

Pada hari sabtu,17 januari,kami mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke rumah FX Widayanto yang berlokasi di Depok.Rumah ini selain menjadi kediaman Pak Widayanto,juga menjadi tempat untuk menyalurkan hobi nya dalam membuat kerajian keramik serta melihat koleksi-koleksi yang ada di 1 rumah berbentuk classic yang di dalamnya berisikan kramik2 buatan pak Widayanto ,kami diberikan kesempatan untuk mencoba membuat clay dengan kreasi kita sendiri.Selain itu kami juga berkesempatan untuk mengikuti seminar tentang sekilas perjalan Widayanto dalam berkreasi di bidang kerajinan keramik.

Rumah yang asri itu ditanami oleh banyak pepohonan sehingga siapapun yang datang akan merasa nyaman di dalamnya.Pada awal Widayanto membangun rumah dengan konsep pepohonan dan keramik karena Beliau ingin membuat setiap tempat tinggalnya senyaman mungkin,dan bukan hanya dirinya yang menikmatinya tetapi juga setiap orang yang berkunjung ke rumahnya.

Karena itu lah,Pak Widayanto ingin membuat pabrik miliknya di Balaraja yang bekerjasama dengan Jepang menjadi sehijau rumahnya.Pada awalnya sekitar 6 tahun yang lalu belaiu mengalami kesulitan pada pengelolaan dalam management,karena hanya terfokus pada produk dan SDM nya saja,tetapi seiring dengan waktu hambatan itu dapat diatasi oleh beliau dengan datangnya orang jepang bernama Kobayashi yang mau membantu management usaha yang di jalanin Pak Widayanto sehingga hanya perlu memikirkan tentang art dan SDMnya saja.

Pak Widayanto terjun pertama kali dalam dunia ini dengan menjadi mahasiswa ITB jurusan seni rupa (keramik),walaupun pada awalnya tidak mendapat persetujuan dari orang tuanya,beliau berani melawan arus karena ia sadar mempunyai darah seni dalam bidang ini,ia ingin membuat semua keramik yang ada di rumah mempunyai sentuhan keindahan,bukan hanya dipandang seperti keramik biasa.

Pada tahun 1990,patung wedding couple karya FX Widayanto berhasil menarik perhatian pasar di Indonesia.Diikuti dengan Patung Ganesha yang booming pada tahun 1993.

Selain berkarya untuk dirinya,Beliau juga menjualnya dalam pameran pameran.Pak Widayanto juga harus menglaami kerikil kerikil kecil dalam bisnis nya ini,seperti harus mengatasi produk palsu atau ikut ikutan,tetapi Beliau hanya berkomentar “Di sini yang saya kejar bukan uang,tetapi nilai dan kepercayaan diri akan barang itu.”

Pada awalnya,sebelum beliau mempunyai pabrik sebesar ini,Pak Widayanto menjual hasil kerajinan nya kepada paman dan tantenya.Beliau berkata “Untuk mewujudkan mimpi perlu investasi dan semuanya tidak instant “

Dalam berkarya,Pak Widayanto bisa mendapat inspirasi dimana saja, dari mana saja dan kapan saja. Tetapi kebanyakan berkisar tentang tanaman,binatang,dan mitologi atau cerita rakyat.

Walaupun Pak Widayanto mempunyai pabrik yang artinya kerajinan ini diproduksi dalam jumlah yang banyak,Beliau tidak takut akan menurunkan nilai dari barang itu,karena Beliau yakin walaupun dalam proses percetakan nya sama tetapi hasil akhirnya akan berbeda.Karena Beliau juga ingin orang orang juga menikmati hasil karyanya.

Saran dan komentar :

Kami hanya bisa memberikan sedikit komentar. Pada saat sesion tanya jawab kelompok kami ingin sekali bertanya apa si yang menjadi ciri khas kramik buatan seorang FX.Widayanto sehingga orang pada saat melihat kramik itu langsung tahu kalo kramik ini buatan Pak Widayanto, lalu pertanyaan kami di sampaikan kepada Pak Widayanto melalui seorang teman. Kata-kata beliau sangat memotivasi kami dengan berkata “kramik buatan saya itu menggunakan bahan yang melalui beribu-ribu derajat celcius sehingga kramik ini tidak mudah hancur” dan beli memberikan motivasi kepada kita-kita dengan kata-kata indah “orang sukses harus mempunyai ciri khas tersendiri”

Dan Kami juga sangat terinspirasi dengan keindahan rumah beserta karya karya beliau.Selain itu,kami juga ingin mempunyai sifat seperti bapak karena berani melawan arus ke bidang lain.Semoga kerajinan ini akan diminati oleh generasi muda dan dapat dilestarikan.

TUGAS KOMPUTER,,BIKIN MAJALAH


BAB 1

BACKGROUND

Dari zaman dulu sampai zaman sekarang semua orang tentu memerlukan olahraga. Ada banyak jenis olahraga, namun yang paling dicintai dan digemari adalah SepakBola. Sepak Bola dicintai mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Sepakbola merupakan olahraga yang tidak pernah akan berakhir, karena selalu terjadi regenarasi dengan pemain-pemain yang bertalenta, sehingga sepakbola tetap akan selalu merupakan olahraga yang paling digemari sepanjang masa.

Olahraga yang paling murah adalah jalan kaki. Tapi kalau olahraga bola paling murah, tak lain adalah sepakbola! Berbicara tentang sepakbola tentu akan mengingat nama besar seperti Pele, Maradona, Eusebio, Paolo Rossi, dan nama beken lainnya.

Kompetisi terbesar didunia merupakan Eropa, dimana para bintang berlaga. Dimana uang, loyalitas, fashion, gaya hidup, dan wanita mempengaruhinya. Dimana para fans penggila bola berlomba-lomba untuk lebih dulu tahu tentang apa yang sedang terjadi. Oleh karena itulah, FM (Football Magazine) hadir untuk memberikan berita-berita paling fresh dan terkini dalam sepak bola luar negeri.

FM adalah majalah khusus sepak bola mancanegara, terutama Eropa. FM memberikan berita-berita terhangat mulai dari Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman, dan Liga di Eropa lainnya. FM juga memberikan berita tentang kehidupan gemerlap para artis sepak bola. Dan gosip-gosip para pebola.

FM berharap bahwa majalah ini mampu memberikan kepuasan kepada para pembaca dan penggila Sepakbola. FM akan terus mengoreksi dan mengembangkan kualitasnya untuk memuaskan keinginan para pembaca!

BAB 2

CONCEPT ANALYSIS

5W+1H

WHAT

FM adalah majalah olahraga khusus Sepakbola terutama adalah Sepakbola Eropa. FM memberikan berita-berita terhangat mulai dari Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, Liga Jerman, dan Liga di Eropa lainnya. FM juga memberikan berita tentang kehidupan gemerlap para artis sepak bola. Dan gosip-gosip para pebola.

WHEN

FM terbit setiap 1 minggu sekali. FM selalu melakukan update per minggunya untuk terus memberikan analisa dan laporan apa saja yang terjadi dalam 1 minggu Sepakbola Eropa bergulir.

WHY

FM ada karena ingin memuaskan hati dan gairah para penggila sepakbola. FM hadir untuk memberikan kepada para pembaca kenyataan yang terjadi dalam dunia sepakbola dan para pemainnya, sehingga terjadi kedekatan hubungan antara klub, pemain, dan para fans.

WHERE

Para pembaca dapat menemui majalah FM di Gramedia, Toko Gunung Agung, Karisma, bahkan FM juga ada di Kinokuniya.

HOW

FM memperkenalkan majalahnya dengan mensponsori cafe-cafe dimana ada live pertandingan berlangsung, contohnya seperti MU Cafe. FM juga mensponsori siaran liga eropa.

TARGET MARKET

Gender : Male

Age : 15 – 35 tahun

Income : Rp 1.000.000 s/d Rp 10.000.000

Place : City

Occupation : Semua jenis bidang pekerjaan

Education : Semua tingkatan pendidikan

Social Grades : C+ - B

Lifestyle : Orang yang menyukai olahraga sepakbola

Suka membaca majalah dan hang out

PRICE

Harga majalah FM ( Football Magazine) adalah Rp 33.000 untuk Pulau Jawa dan Rp 35.000 untuk di luar Jawa dan sekitarnya. Penentuan harga FM didasarkan pada, yaitu: biaya penelitian kami dan research keinginan masyarakat dan biaya tak terduga lainnya, biaya produksi yang terdiri dari biaya mesin dan bahan baku dan biaya promosi yang terdiri dari biaya iklan dan sponsorship.

PLACE

Pendistribusian majalah Football Magazine dilakukan secata menyeluruh. Pihak Football Magazine bekerja sama dengan beberapa toko buku terkemuka di Indonesia, contohnya: Gramedia Bookstore, Toko Gunung Agung, Karisma, dan juga Kinokuniya dan juga pihak agen. Football Magazine juga dapat ditemui di Carrefour, Giant, HyperMart, Alfa Mart, dan IndoMart.

BAB 3

STRATEGY AND SOLUTIONS

SWOT

STRENGTH

  1. FM memiliki tingkat kesegaran berita sangat tinggi
  2. Harga yang diberikan juga masuk dalam target marketnya
  3. Mempunyai promotion dan advertising yang bagus
  4. Dijual pada tempat yang ramai dan bersaing
  5. Dibungkus secara menarik, sehingga menarik perhatian

WEAKNESS

  1. Kurangnya gosip dalam majalah ini
  2. Harga akan relatif mahal pada anak sekolah rata-rata
  3. Kurangnya orang dalam mempublikasikan majalah FM
  4. Distribusi FM belum mencapai pedesaan dan kota kecil
  5. Terlalu banyak berita serius, sehingga menyebabkan jenuh

OPPORTUNITY

  1. Belum ada majalah yang menawarkan berita dengan sangat elegant
  2. Masih ada pasar dan target market yang besar di kota lain
  3. Kerjasama dengan para club-club olahraga

THREAT

  1. Kurangnya para pekerja dalam bagian produksi
  2. Aura majalah BOLA yang belum mampu digeser
  3. Banyaknya saingan besar seperti Soccer dan TopSkor
  4. Kurangnya disiplin para karyawan dalam headline

STRATEGY AND SOLUTIONS

Dari SWOT Analysis yang bisa kita lihat, FM dapat melakukan beberapa strategi pemasaran yang diharapkan dapat menaikkan tingkat penjualan dan tingkat popularitas serta dapat meredam keunggulan nama dan prestasi yang dimiliki oleh majalah yang sudah tak asing lagi, yaitu majalah koran BOLA. Namun majalah magazine BOLA,yaitu BOLA Vaganza tidaklah setenar majalah korannya. SOCCER pun masih kecil peminatnya.

Satu-satunya magazine sepakbola yang paling terkenal adalah Four-Four-Two, tapi magazine tersebut masih dalam terjemahan bahasa inggris dan harganya pun relatif mahal, serta mempunyai target market yang berbeda. Ini merupakan peluang besar bagi Football Magazine untuk masuk ke dalam persaingan majalah Sepakbola yang masih belum terlalu sengit. Tentunya Football Magazine telah mempersiapkan Strategi yang merupakan solusi dari Weakness dan Threat yang harus dihindari.

Dari segi kurangnya gosip yang FM miliki masih dapat kita samarkan karena FM merupakan majalah berita Sepakbola, bukan merupakan majalah gosip seputar sepakbola. Mengenai harga FM yang relatif mahal dibandingkan majalah lainnya, FM menanggulinya dengan :

☼ FM memberikan bonus yang diberikan secara gratis, seperti banner Klub Bola, Poster pemain dengan kertas yang bagus, sehingga membuat para pembaca merasa tidak rugi.

☼ FM juga kita kemas serasa majalah koleksi, sehingga orang akan merasa memiliki sensasi tersendiri dalam mengoleksi majalah sepakbola ini.

Bacaan pada artikel Football Magazine memang tidak banyak menggunakan bahasa gaul, namun tetap asik dibaca oleh siapa saja. Untuk mensamarkannya :

☼ FM menggunakan gambar-gambar yang enak dipandang dan juga memikat, sehingga orang ingin menggunting gambarnya untuk disimpan atau sebagai bahan koleksi.

Football Magazine termasuk salah satu majalah olahraga baru sehingga masih belum banyak para bola mania yang mengenalnya. Sehingga FM memerlukan ekstra people dalam melakukan promosi. Strategi FM adalah :

☼ FM membuka pendaftaran bagi para wanita pecinta bola yang akan bekerja sebagai Sales Promotion Girl. Kriteria dari SPG FM adalah wanita yang berumur 18-23 tahun, berpenampilan menarik, dan mempunyai pengetahuan tentang berita sepakbola.

☼Tempat yang merupakan sasaran dari FM tentu adalah daerah perkantoran yang padat karyawannya, mall-mall di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan.

Strategi dalam menangani masalah persaingan dengan majalah BolaVaganza dan Soccer adalah :

☼ FM bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan universitas dalam sponsorship dalam acara olahraga, sepert Cup sekolah dan universitas.

☼ Place yang FM tuju adalah sekolah dan universitas. Mengapa? Karena rata-rata orang atau penggila bola merupakan anak-anak remaja yang masih belum bekerja. FM memberikan service yang menarik seperti sponsorship kepada sekolah-sekolah akan memberikan dampak yang baik setelahnya. Ketika mereka kuliah nanti, mereka pasti akan mereferensikan bahwa ”belilah majalah FM.. tahu tidak? Dahulu pada zaman sekolah, FM merupaka salah satu dari sponsor kami!”.


BAB 4

TECHNICAL CONCEPT

BAB 5

BUDGETTING

Pendapatan

Berikut ini adalah penjelasan dari penerimaan yang didapat FM.

Pemasangan iklan

Jumlah

Sony Ericsson

Rp 25.000.000

Gatortade

Rp 25.000.000

Compact

Rp 30.000.000

Nike

Rp 30.000.000

Rp 110.000.000

Penjualan

12000 x Rp 33000

Rp 396.000.000

8000 x Rp 35000

Rp 280.000.000

Sponsor

Rp 500.000.000

TOTAL

Rp 1.286.000.000

Biaya

Pada bagan ini akan ditampilkan pengeluaran FM dalam biaya produksinya, biaya overhead, gaji karyawan, pendistribusian dan juga biaya promosi.

Biaya Produksi

Harga

Jumlah

Bahan Baku

Rp 32.000.000

Biaya Cetak

Rp 108.000.000

Biaya Packaging

Rp 8.000.000

Biaya Overhead

Telepon

Rp 12.000.000

Listrik dan air

Rp 5.000.000

Akomodasi

Rp 22.000.000

Gaji Karyawan

Rp 134.200.000

Biaya Promosi

Biaya Distribusi

Rp 289.500.000

Media

People

Rp 125.200.000

Advertising

Rp 200.000.000

Legal

Pajak

Rp 20.000.000

Total Biaya

Rp 768.700.000

Biaya Lain-lain

10% x Total Biaya

Rp 76.870.000

GRAND TOTAL

Rp 845.570.000

Keuntungan

Keuntungan yang diperoleh FM adalah

Rp1.286.000.000 – Rp 845.570.000 = Rp 440.430.000

BORN AGAIN !! TUGAS BUDDHISM

B O R N A G A I N

Ada yang mengatakan bahwa Born Again artinya adalah kelahiran kembali, lahir lagi, dan sebagainya. Tapi lebih tepatnya arti dari Born Again adalah Kelahiran Ulang.

Pada hari Minggu tanggal 21 Juni 2009, berlangsung talkshow tentang Born Again di Vihara Pluit Dharmasuka. Pembicara yang hadir adalah Dr. Walter SamQ dan Mrs.Brenda dengan moderatornya Mamang Handaka.

SESSION I

Pembicara pertama pada talkshow tersebut adalah Dr. Walter SamQ dengan penerjemah Mrs. Brenda. Dr. Walter SamQ adalah fonder dari Organisasi IISIS, yaitus sebuah lembaga ilmiah yang meneliti fenomena-fenomena gaib. Dia juga seorang penulis. Banyak buku yang telah dibuatnya, namun yang paling fenomenal dan Best Seller adalah Buku dengan judul ”BORN AGAIN”.

Bukti tentang kehidupan masa lalu seseorang diteliti di Universitas Virginia di Amerika Serikat. Penelitui tersebut bernama Ir. Svenssons. Dia adalah seorang ilmwan yang mempelajari kelahiran orang-orang di dunia. Ir. Svenssons juga menemukan bahwa seseorang yang pada kehidupan masa lalunya meninggal karena ditembak peluru, maka pada kehidupan berikutnya pada bagian yang tertembak peluru akan ada tanda lahir. Meskipun banyak yang diteliti namun Ir. Svenssons masih belum atau tidak memperhatikan kesamaan wajah.

Pada topik Born Again ini, Dr. Walter SamQ memberikan kami slide-slide foto orang-orang pada kehidupan masa lampaunya dengan kehidupan mereka berikutnya yang disebut juga dengan reinkarnasi. Yang paling menarik dari cerita Dr. Walter SamQ adalah cerita tentang seorang wanita berwargakenegaraan Lebanon, dia bernama Susain Hannan. Susain kecil yang masih berusia 2 tahun dengan mengejutkan mengatakan bahwa dia bukanlah Susain Hannan, melainkan namanya adalah Hannon Mansur. Setelah itu dicarilah informasi-informasi tentang Susain oleh orang tua dari Susain Hannan. Ternyata diketahui bahwa Hannon Mansur adalah seorang wanita yang memiliki 3 orang anak. Dan setelah dia memiliki anak yang ketiga dia mengalami sakit jantung dan meninggal. 10 hari kemudian lahirlah Susain Hannan yang merupakan kelahiran kembali dari Hannon Mansur. Orang tua dari Susain Hannan bisa percaya hal tersebut karena Susain bisa menyebutkan nama-nama semua keluarga Hannan dan juga mengenalnya, walapun mereka belum pernah saling bertemu. 38 tahun kemudian Svenssons kembali lagi ke Lebanon dan dia menemukan bahwa wajah Susain Hannan memilik kemiripan wajah dengan Hannan Mansur.

Dari cerita tersibut dapat kita simpulkan bahwa dalam waktu hanya 10 hari pun, reinkarnasi dapat berlangsung.

Dr. Walter SamQ juga menceritakan cerita tentang orang-orang yang menyadari tentang kehidupan masa lampaunya pada usia-usia balita. Dia kembali menceritakan suatu cerita yang berkesan tentang Born Again yaitu pada cerita seorang Barbro. Dia adalah seorang Swedia. Pada saat usia Barbro masih belia, ia juga mengalami hal yang sama seperti Susain, Barbro kecil mengatakan bahwa dia bukanlah Barbro, tetapi dia adalah N.Frank. Orang tua Barbro kemudian mencari siapakah itu N.Frank. Akhirnya ditemukan bahwa N.Frank adalah seorang Yahudi . Ini adalah suatu keajaiban tentang reinkarnasi, bahwa dengan reinkarasi, seseorang bisa berganti agama dan bahkan berganti negara kelahiran dari satu kehidupan ke kehidupan berikutnya.

Lalu Dr. Walter SamQ juga memberitahu kami orang-orang terkenal yang mengalami kelahiran kembali. Tahukah anda penulis novel wanta terkenal dan kaya raya asal Inggris dengan Harry Potternya? Tak lain adalah J.K.Rowling. Dan ternyata dia adalah reinkarnasi dari seorang artist pria bernama Charles Deans. Kemudian, Shah Rukh-Khan adalah reinkarnasi dari seorang artis perempuan India yang terkenal bernama Shadona Bous. Amitabachan adalah reinkarnasi dari Edwin Buth. Barrack Obama, Presiden Amerika Serikat saat ini merupakan reinkarnasi dari Liman Trumble, sahabat dari Abraham Lincoln. Bapak Negara kita Ir.Soekarno dan wakilnya Moh.Hatta ternyata adalah kelahiran kembali dari keluarga kerajaan di Hawaii dan ternyata Moh.Hatta pada masa kehidupan lampaunya adalah ayah dari Bapak Negara kita, Ir.Soekarno.

Pasti anda akan penasaran, lalu siapakah Dr.Walter SamQ pada kehidupan masa lampaunya? Dan ternyata dia adalah John Adams, salah satu presiden Amerika Serikat yang terkenal. Kemudian pasti anda berpikir apakah ini merupakan kenyataan?

SESSION II

Pembicara kedua untuk acara talkshow Born Again adalah Mrs. Brenda. Dia adalah owner dari Hypnosis Past Time Regression, yaitu adalah sebuah terapi yang akan membantu si client untuk mencari tahu dan menyembuhkan luka pada kehidupan masa lalunya. Mrs. Brenda telah membuka praktek di Amerika dan saat ini ia kembali ke Jakarta untuk melakukan praktek disini bersama suaminya.

Untuk menjadi seorang Psikolog HPTR (Hypnosis Past Time Regression) dibutuhkan suatu komitmen dan harus memgang kode etik dalam melakukan praktek. Mrs.Brenda menambahkan bahwa banyak terjadi prakter liar di luaran dan itu sangat berbahaya, karena proses dari Hynosis merupakan hal yang tidak semudah dipikirkan, bahwa banyak bagian-bagian yang harus dilakukan dan tidak boleh terlewati.

Pada sesi Question and Answer, Mrs.Brenda memberitahu kami bahwa Hynosis Past Time Regression tidak dapat berfungsi pada orang yang tidak waras, karena telah mengalami gangguan pada pikiran alam bawah sadarnya.

Sebenarnya ada sebuah maksud mulia dari tujannya untuk ’pulang kampung’, kembali ke tanah air, yaitu Mrs.Brenda ingin menemani ayah dan ibunya yang sudah tua. Dia ingin berbakti selagi masih diberikan kesempatan, karena memang berbakti kepada Orangtua merupakan sesuatu yang tidak bisa ditunda.

TEN PILLARSSSS

Name : Berton Deviano

NIM : 2007110244

Class : MKT 11-2C

Writing Assignment III

How Pillar in LSPR can be applied?

Ten pillars as a basic in London School of Public Relations. Ten pillars can be done well if we can implement the ten pillars in our life. Ten pillars also can help develop our identity to be better and culture, so we are ready faces everyone in job environment or in environment around us. We can get knowledge about these pillars mote than before through seminar LSPR, our lecturer in campus and our guide at home. A few of these pillars is honesty, confidence and politeness.

Honesty is important aspect in our life. With honesty that we have, everyone can trust us, start from our attitude and our story. Other people will talk that we are honest if they feel we can do and tell anything base on the truth or fact. For example in job environment, company needs honest people because honest people can be trusted to do important things. Or in our daily life, at home or anywhere, if we can honest, people will happy to build relation between us.

Another important aspect in pillar is confidence. Confidence can help us faces the public. In all the situation, we must show that we are convenience with everything, so we can feel confidence in front of public. People can be confident if all the thing have already been prepared before, so we will not afraid when we faces a problem. Confidence is important in job environment and campus. When we confidence, we can do presentation project as well as we can do, so our presentation will be good.

Politeness must be implemented in our daily life. Since we are child, our parents have already learnt us to polite with everyone. We must call people who older than us. Even though, they are office boy, we must to call them because without them, our activity in campus does not walk smooth. Security who guard campus also important and influence in campus activity. Their duty do not easy. They must manage a thousand student everyday in order to all student follow the rules in campus.

These pillars is needed in our daily life , in job and our campus activity because these pillar can help us in manage our attitude, etika with other. If we can do these pillars, we will become a better person.

TUGAS PSIKOLOGI

Nama : Berton Deviano

Marketing 11 – 2C

Psychology Of Communications

Internal Human Communication

☻ Secara Psychology

Proses Komunikasi yang dilakukan oleh diri sendiri untuk melihat baik atau buruknya fisik, sikap, dan perbuatan kita yang bertujuan untuk mengambil suatu keputusan. Komunikasi ini sama dengan kita berkomunikasi dengan hati nurani kita sendiri.

☻ Secara Organisasi Management

Proses Komunikasi yang dilakukan di dalam suatu organisasi atau kelompok yang bertujuan untuk memberikan pendapat dan masukan serta arahan di dalam suatu organisasi.

Interpersonal Human Communication

☻Secara Psychology

Proses Komunikasi antar perorangan dan bersifat pribadi baik yang terjadi secara langsung (non-media) ataupun tidak langsung (media), komunikasi yang melibatkan 2 orang. Tujuan dari komnikasi ini adalah untuk mendapatkan hubungan, percakapan, interaksi.

☻ Secara Organisasi Management

Proses Komunikasi yang di lakukan di dalam sebuah organisasi antara 1 anggota organisasi dengan anggota organisasi lainnya yang bisa menghasilnya sebuah keputusan, topik bahasan, dll.

Intrapersonal Human Communication

☻ Secara Psychology

Proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang itu sendiri. Fokusnya adalah pada bagaimana jalannya proses pengolahan informasi yang dialami seseorang melalui sistem syaraf dan inderanya. Aktifitas dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami diri pribadi diantaranya adalah; berdo'a, bersyukur, instrospeksi diri dengan meninjau perbuatan kita dan reaksi hati nurani kita, mendayagunakan kehendak bebas, dan berimajinasi secara kreatif.

☻ Secara Organisasi Management

Proses komunikasi dengan diri sendiri yang tujuannya adalah pada topik bahasan dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.

TUGAS SOSIOLOGI ESSAY

  1. Sebut dan jelaskan 5 bentuk Cooperative!

a. kerukunan yang mencangkup gotong royong dan tolong-menolong.

b. Bargaining, yaitu pelaksanaan perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antara dua organisasi atau lebih

c. Kooptasi (cooptation), suatu proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinyakegoncangan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.

d. Koalisasi (coalition), kombinasi antara dua organisasi atau lebih yang mempunyai tujuan yang sama, dan dapat menghasilkan keadaan yang tidak stabil untuk sementara waktukarena dua organisasi tersebut kemungkinan mempunyai struktur yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

e. Joint venture, kerja sama dalam perusahaan proyek tertentu, misalnya pengeboran minyak, pertambangan batubara, perfilm-an, perhotelan,dll.

2. Definisikan accomodation menurut Gillin dan Gillin!

Akomodasi adalah suatu pengertian yang digunakan oleh para sosiolog untuk menggambarkan suatu proses dalm hubungan-hubungan sosial yang sama artinya dengan pengertian adaptasi (adaptation) yang dipergunakan oleh ahli biologi untuk menunjuk pada suatu proses dimana makhulk hidup menyesuaikan diri dengan alam sekitarnya.

3. Jelaskan 4 bentuk akomodasi sebagai suatu proses!

a. Coercion, suatu bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan oleh karena adanya paksaan, diaman salah satu pihak berada dalam keadaan yang lemah bila dibandingkan dengan pihak lawan.

b. Compromise, suatu bentuk akomodasi diaman pihak-pihak yang terlibat saling mengurangi tuntutannya agar tercapai suatu penyelesaian terhdap perselisihan yang ada.

c. Arbitration, suatu cara untuk mencapai compromise apabila pihak-pihak yang berhadapan tidak sanggup mencapainya sendiri.

d. Conciliation, suatu usaha untuk mempertemukan keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya suatu persetujuan bersama.

4. Sebutkan faktor-faktor yang dapat mempermudah terjadinya suatu asimilasi!

a. Toleransi

b. Kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi.

c. Sikap menghargai oarang asing dan kebudayaannya.

d. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakat.

e. Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan.

f. Perkawinan campuran (amalgamation).

g. Adanya musuh bersama dari luar.

5. Apa yang anda ketahui tentang proses disosiatif, jelaskan!

Proses disosiatif sering disebut sebagai oppositional processes, yang précis halnya dengan kerja sama, dapat ditemukan pada setiap masyarakat, walaupun bentuk dan arahnya ditentukan oleh kebudayaan dan system social masyarakat bersangkutan.

6. Persaingan dalam batas-batas tertentu dapat mempunyai beberapa fungsi, sebutkan!

a. Menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang bersifat kompetitif. Dalam persaingan, sesuatu yang dihargai mempunyai harga lebih tinggi, terutama sesuatu yang adanya terbatas.

b. Sebagai jalan dimana keinginan, kepentingan, serta nilai-nilai yang pada suatu masa terjadi pusat perhatian, tersalurka dengan baik oleh mereka yang bersaing.

c. Sebagai alat untuk mengadakan seleksi atas dasar seks dan sosial ayau untuk mendudukan individu pada kedudukan serta peranan yang sesuai dengan kemampuanya.

d. Sebagai alat untuk menyaring para warga golongan karya (”fungsional”), yang akhirnya menghasilkan pembagian kerja yang efektif.

7. Sebutkan syarat – syarat terjadinya interkasi sosial !

• adanya Kontak sosial ( social contact ).

• adanya komunikasi.

8. Sebutkan faktor-faktor penghambat terjadinya asimilasi!

a. Terisolasinya kehidupan suatu golongan tertentu dalam masyarakat (minoritas).

b. Kurangnya pengetahuan mengenai kebudayaan yang diahadapi dan sehubungan dengan itu sering kali menimbulakn faktor ketiga.

c. Perasaan takut terhadap kekuatan suatu kebudayaan yang dihadapi.

d. Perasaan bahwa suatu kebudayaan golongan atau kelompok tertntu lebih tinggi daripada kebudayaan golongan atau kelompok lainnya.

e. Dalam batas-batas tertentu, perbedaan warna kulit atau perbedaan ciri-ciri fisik.

f. In-group feeling yang kuat.

g. Gangguan dari golongan yang berkuasa terhadap golongan minoritas lain yang dapat menggangu kelancaran proses asimilasi adalah apabila golongan minoritas mengalami gangguan dari golongan yang berkuasa.

h. Faktor perbedaan kepentingan yang kemudian ditambah dengan pertentangan pribadi.

9. Sebutkan hasil proses akomodasi menurut Gillin dan Gillin!

a. Akomodasi, dan integrasi masyarakat

b. Menekan oposisi

c. Koordinasi berbagai kepribadian yang berbeda

d. Perubahan lembaga-lembaga kemasyarakatan agar sesuai dengan keadaan abru atau keadaan yang berubah

e. Perubahan-perubahan dalam kedudukan

f. Akomodasi membuka jalan ke arah asimilasi

10. Sebutkan tiga tipe umum kontravensi!

a. kontravensi generasi masyarakat.

b. Kontravensi yang menyangkut seks.

c. Kontravensi parlementer.

11. Apa yang dimaksud dengan ”Savety-valve institutions” ?

Savety-valve institutions merupakan sarana yang dimiliki masyarakat untuk menyalurkan benih-benih permusuhan. Savety-valve institutions menyediakan objek-objek tertentu yang dapat mengalihkan perhatian pihak-pihak yang bertikai agar tersalur kearah lain.

12. Sebutkan 5 bentuk kontravensi menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker!

a. umum, meliputi perbuatan seperti penolakan, keengganan, perlawanan, perbuatan menghalang-halangi, protes, gangguan-gangguan, kekerasan dan mengacaukan rencana pihak lain.

b. Sederhana, seperti menyangkal pernyataan orang lain di muka umum, memaki melalui surat selebaran, mencerca, memfitnah, melemparkan beban pembuktian kepada pihak lain, dst.

c. Intensif mencakup penghasutan, menyebarkan desas-desus, mengecewakan pihak lain, dst.

d. Rahasia, seperti mengumumkan rahasia pihak lain, perbuatan pengkhianat, dst.

e. Taktis, misalnya mengejutkan lawan, mengganggu atau membingungkan pihak lain.

13. Sebutkan tujuan dari akomodasi yang berbeda sesuai dengan situai yang dihadapi!

a. Untuk mengurangi pertentangan antara orang atau perorangan atau kelompok manusia sebagai akibat perbedaan paham. Ini bertujuan untuk menghasilkan suatu sintesa antara kedua pendapat tersebut, agar menghasilakn suatu pola yang baru.

b. Mencegah meledaknya suatu pertentangan untuk sementara waktu dan secara temporer.

c. Untuk kemungkinan terjadinya kerja sama antar kelompok sosial yang hidupnya terpisah sebagai akibta faktor sosial psikologis dan kebusdayaan, seperti yang dijumpai pada masyarakat yang mengenal sistem berkasta.

d. Mengusahakan peleburan anata kelompok sosial yang terpisah, misalnya. Lewat perkawinan campurabn atau asimilasi dalam arti luas.

14. Sebutkan bentuk – bentuk interaksi sosial!

• proses yang asosiatif :

a. akomodasi

b. akulturasi

c. asimilasi

• proses yang disosiatif:

a. Persaingan

b. Pertentangan

15. Sebutkan faktor dari suatu proses interaksi!

• Faktor imitasi

• Faktor sugesti

• Faktor identifikasi

• Faktor simpati

16. Apa yang dimaksud dengan kontravensi?

Kontravensi merupakan suatu bentuk proses sosial yang berada antara pesaingan, dan pertentangan atau pertikaian. Kontravensi terutama ditandai oleh gejala-gejala adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang atau suatu bencana dan perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian, atau keragu-raguan terhadap kepribadian seseorang.

17. Definisikan proses-proses sosial!

Proses – proses sosial adalah cara – cara berhubungan yang dapat dilihat apabila para individu dan kelompok – kelompok saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk hubungan tersebut.

18. Sebutkan akibat-akibat dari bentuk pertentangan!

a. Tambahnya solidaritas dalam kelompok.

b. Apabila pertentangan antara golongan terjadi dalam satu kelompok, maka akibatnya adalah kelompok tersebut dapat goyah.

c. Perubahan kepribadian para individu.

d. Hancurnya harta benda dan jatuhnya korban manusia.

e. Akomodasi, dominasi dan takluknya salah satu pihak.

19. Sebutkan sebab-sebab atau akar-akar dari pertentangan!

a. Perbedaan antara individu-individu.

Perbedaan pendirian dan perasaan mungkin akan melahirkan bentrokan antara mereka.

b. Perbedaan Kebudayaan. Perbedaan kepribadian dari orang perorangan tergantung pula dari pola kebudayaan yang menjadi latar belakang pembentukan serta pengembangan kepribadian tersebut.

c. Perbedaan kepentingan. Perbedaan kepentingan antarindividu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan.

d. Perubahan sosial. Perubahan sosial yang berlangsung dengan cepat untuk sementara waktu akan mengubah nilai-nilai yang ada dalam masyarakat.

20. Sebutkan tipe-tipe kontravensi yang terletak diantara kontravensi dan pertikaian!

a. kontravensi antar masyarakat setempat.

Ada dua bentuk yaitu kontravensi antara masyarakat setempat yang berlainan (intracommunity struggle) dan kontravensi antara golongan suatu masyarakat setempat (intercommunity struggle).

b. antagonisme keagamaan.

c. Kontravensi intelektual, misalnya sikap meninggikan diri dari mereka yang memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi.

d. Oposisi moral. Hal ini berhubungan dengan latar belakang kebudayaan,biasanya yang sudah mapan menimbulkan prasangka terhadap taraf kebudayaan tertentu lain,termasuk didalamnya sistem nilai yang menyangkut bidang moral.

Berton Deviano / Marketing 11-2C

2007110244